Yang membedakan adalah strategi yang diterapkan oleh pemilik bisnis apakah efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnisnya atau tidak. Tak sedikit dari pelaku bisnis kecil mengharapkan hasil yang cepat ketika mulai menggunakan media sosial terutama Facebook. Salah satu alasan mereka mengharapkan hasil yang cepat adalah ketika ada pelaku bisnis yang mampu mencapai kesuksesan dengan cepat karena menggunakan Facebook.


Ingat, kesuksesan pelaku bisnis yang menggunakan halaman Facebook sebagai media pemasaran memiliki efek yang berbeda-beda. Jadi, jangan pernah berhenti untuk menjadikan Facebook untuk media pemasaran dan mengikuti beberapa tips berikut ini.


1. Menjaga halaman tetap aktif

Kirimkan pembaruan setiap hari untuk menunjukkan kepada member bahwa bisnis Anda saat ini masih eksis. Tidak peduli seberapa banyak member yang Anda miliki, meskipun bertahan lama dengan member di bawah 100, konsistensi harus tetap Anda jaga.


2. Mempromosikan halaman

Jika ada dana lebih yang dapat Anda anggarkan dalam pemasaran, alokasikan sebagian dana tersebut untuk mempromosikan halaman yang Anda miliki. Promosi halaman dapat menambah member yang memiliki minat terhadap bisnis maupun produk Anda.


3. Jangkau member Anda dengan layanan yang baik

Mengirimkan pembaruan merupakan salah satu bagian untuk menjangkau member Anda. Tak hanya itu saja, salah satu bentuk dari upaya menjangkau member adalah dengan memberikan layanan yang baik. Bentuk layanan tersebut adalah dengan merespon setiap komentar yang relevan dengan bisnis, menjawab candaan member dengan respon humoris dan lain sebagainya. Upayakan untuk memberikan respon tidak lebih dari 2x24 jam untuk menjaga kepercayaan member Anda.


4. Mencoba promoted post/Facebook ads

Jika Anda tidak mampu menjangkau member secara organik, Anda dapat mencoba Facebook ads. Facebook ads merupakan salah satu media pemasaran yang memiliki fitur lengkap di mana Anda dapat memilih minat, lokasi dan usia target audiens. Artinya, Anda memiliki potensi besar untuk mendapatkan prospek yang memiliki minat yang sama terkait produk Anda.


Sudah siapkah Anda menerapkan Facebook marketing untuk bisnis yang Anda jalankan?


Ilustrasi (c) Unsplash.com